adstop

Sebanyak 11.000 Warga Suriah Mengungsi

Tali Media - Badan Pengungsi PBB, UNHCR, mengatakan, lebih dari 11.000 orang melarikan diri dari Suriah dalam waktu 24 jam terakhir yang menunjukkan bahwa situasi di negara itu semakin buruk.

Dengan penambahan gelombang pengungsi baru itu, jumlah pengungsi Suriah yang terdaftar di luar negeri sekarang mencapai 408.000 jiwa.
Sebanyak 11.000 Warga Suriah Mengungsi

"Kedatangan pengungsi selama 24 jam terakhir adalah yang terbesar selama beberapa waktu," kata Koordinator Regional UNHCR, Panos Moumtzis.

Dia mengatakan hal itu dalam jumpa pers seusai mengikuti Forum Kemanusiaan untuk Suriah di Jenewa, Swiss, pada Jumat (9/11/2012).

Moumtzis mengatakan, sebanyak 9.000 orang mengungsi ke Turki dan lebih dari 2.000 orang ke Jordania dan Lebanon.

"Hal ini menunjukkan krisis besar, konflik terus berlangsung," tambah Moumtzis.

"Di Turki, kami tahu sebagian besar pengungsi berasal dari Aleppo atau Idlib atau wilayah utara. Itulah kecenderungan yang terjadi selama ini."

Dua jenderal membelot

Badan-badan bantuan mengatakan, perusakan rumah dan fasilitas medis di Suriah semakin meningkat.

Mereka mengatakan, lebih dari 2,5 juta warga di dalam negeri, setengahnya adalah anak-anak, kehilangan tempat tinggal dan sangat memerlukan bantuan.

Sementara itu, kantor berita Turki Anatolia melaporkan, sebanyak 26 perwira tinggi militer, termasuk dua jenderal, membelot ke Turki pada Kamis malam (8/11/2012).

Mereka melintas ke Provinsi Hatay, Turki, bersama keluarga mereka dan sejumlah tentara sehingga jumlah keseluruhan mencapai 71 orang.

Mereka dibawa ke kamp Apaydin, Hatay, yang dijadikan tempat menampung para perwira militer Suriah yang telah membelot.

sumber: BBC Indonesia

1 komentar:

  1. apik template aku jan pengen tenan, sing nduwe mesti Ngganteng apik template deh

    BalasHapus